Tuesday, January 14, 2014

25 Lagu “Terbaik” Iwan Fals

Eiit, jangan kaget dulu melihat judulnya…. Hehe….
25 Lagu terbaik ini bukan versi majalah Rolling Stone atau majalah musik manapun, ini murni versi Puja Mandela. Disini saya juga mengajak ente-ente  teman dan para senior saya di kancah per Falsmania an untuk menuliskan lagu lagu terbaik Pak Tanto menurut anda semua, tentunya tidak ada unsur paksaan disini. Suka rela saja…

Sengaja saya menulis ini tidak lain untuk menyambut  Hari Musik Nasional sekaligus saya ingin meniru majalah Rolling Stone yang sudah banyak memuat lagu lagu dan album terbaik di dunia musik popular. Sebut saja lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone seperti Like a Rolling Stone dari Bob Dylan atau Sgt.Pappers Lonely Hearts Club Band dari Beatles yang menduduki posisi puncak album terbaik sepanjang masa versi majalah tersebut. Di Tanah Air, Rolling Stone juga pernah membuat daftar-daftar tersebut seperti Lagu terbaik, album terbaik dan penyanyi paling berpengaruh sepanjang masa.
Nah  bedanya, disini saya hanya memuat 25 lagu terbaik Iwan Fals, atau lebih enak jika disebut, lagu Iwan Fals favorit saya.

Langsung saja ya, Berikut 25 Lagu Iwan Fals Terbaik menurut saya
25. CIK (Sore Tugu Pancoran, 1985)
24. Kereta Tua (Lancar, 1986)
23. Bunga bunga Kumbang Kumbang (Ethiopia, 1986)
22. Intermezo (Sore Tugu Pancoran, 1985)
21. Air Mata (Kantata Takwa, 1990)
20. Nak (1910, 1988)
19. Ambisi (Opini, 1982)
18. Sumbang (Sumbang, 1983)
17.Ibu (1910, 1988)
16. Sore Tugu Pancoran (Sore Tugu Pancoran, 1985)
15. Bangunlah Putra putri Pertiwi (Sarjana Muda, 1981)
14. Si Tua Sais Pedati (Sarjana Muda, 1981)
13. Isi Rimba Tak ada tempat berpijak lagi (Opini, 1982)
12. Imitasi (Canda Dalam Nada, 1979)
11. Semoga kau tak tuli Tuhan (Sumbang, 1983)
Nah, ini dia 10 besarnya…. Chek itu Out…

10. Kembang Pete (KPJ, 1985)
“Kuberikan padamu setangkai kembang pete, tanda cinta abadi namun kere” adalah lirik lirik cinta khas Iwan Fals, ringan namun memiliki makna yang dalam. Lagu ini masuk di album KPJ (Kelompok Penyanyi Jalanan, 1985).
9.  Pak Tua (Elpamas)
Di Cover Albumnya, tertulis pencipta lagu ini adalah Pitat Haeng. Sebenarnya Pitat Haeng sendiri adalah nama samaran dari Virgiawan Listianto alias Iwan Fals. Lagunya cukup asik, didominasi suara ukulele dengan beat sedang. Lagu yang dinyanyikan Toto Tewel ini bercerita tentang seorang penguasa yang sudah tua tapi belum mau pensiun. Lagu ini sempat dicekal, tidak boleh ditayangkan di TV. Pasalnya, liriknya dianggap telah menyinggung Mbah Soeharto.
8. Kesaksian (Kantata Takwa, 1990)
Iwan Fals, Ws Rendra dan Jockie suryaprayogo adalah jaminan kualitas Kantata Takwa, dan ‘Kesaksian’ adalah salah satunya. Mendengarkan lagu ini membuat saya merinding, apalagi ada puisi di tengah-tengah lagu ini.
7. Trauma (God Bless, Semut Hitam 1989)
Iwan Fals membuat lagu ini bersama Tedy Sujaya, drummer band God Bless dan Lagu ini dibawakan oleh God Bless (album Semut Hitam 1989), Trauma sendiri adalah lagu yang sangat nge rock. Sebagian orang pasti tidak mengira kalau lagu ini adalah ciptaan Iwan Fals, walaupun pasti bukan bang Iwan yang mengaransemen lagu ini. Tidak hanya musiknya, lirik lagunya pun sangat garang, tidak sedikit yang bilang lagu ini adalah lagu paling keren dari God Bless, termasuk saya.
6. Bento (Swami, 1989)
Salah satu lagu paling fenomenal yang pernah diciptakan musisi Indonesia, bahkan John Lennon tidak pernah membuat lagu sefrontal ini kecuali gaya bugilnya yang kontroversi itu. hehe….
5. Oemar Bakrie (Sarjana Muda, 1981)
Dimana ada Iwan Fals, disitu ada Oemar Bakrie. Ya, lagu ini memang sangat nempel dengan sosok bang Iwan.
4. Pesawat Tempurku (1910, 1988)
“Oh ya andaikata dunia tak punya tentara, pasti tak ada perang yang banyak makan biaya,” adalah sebuah penggalan lirik lagu pesawat tempurku,  lirik yang sangat bagus menurut saya. Campur tangan  Ian Antono di Album 1910 membuat musik Iwan Fals lebih nge rock, terbukti di lagu ini sosok Iwan Fals terlihat lebih garang.
3. 22 Januari (Sarjana Muda, 1981)
Balada manis dari Iwan Fals, 22 Januari adalah salah satu  lagu cinta terbaik yang pernah dibuat bang Iwan. Liriknya pun tidak cengeng, mantap lah pokoknya.
2. Yang Terlupakan (Sarjana Muda 1981 & Mata Dewa 1989)
Lagu ini sering dibawakan ulang oleh band band pendatang baru saat konser. Saya rasa tidak perlu banyak komentar untuk lagu ini, pasti semua sudah tahu.
1.Belum Ada Judul (Belum Ada Judul, 1992)
Kalau ada lagu Iwan Fals yang ‘tertinggal’ di daftar 150 lagu terbaik Indonesia versi majalah Rolling Stone tidak lain adalah lagu Belum ada Judul. Kenapa? Alasannya cukup sederhana. Lagu ini sangat populer dikalangan FalsMania, saya belum pernah menemui seorang Falsmania yang tidak menyukai lagu ini. Menurut saya, Belum ada Judul adalah sebuah judul  lagu yang sangat brilian, unik sekaligus jenius dari seorang Iwan Fals. lagunya sendiri menceritakan tentang persahabatan. Dari segi musikalitas, lagu yang diluncurkan pada tahun 1992 ini sangat sederhana, hanya mengandalkan gitar dan harmonica, namun tetap saja lagu ini memiliki kualitas tersendiri dibandingkan lagu Iwan Fals lain dan satu lagi, liriknya sempurna.


Demikian lagu 25 lagu terbaik Iwan Fals versi Puja Mandela. Bagaimana dengan anda…???

1 comment:

Info Lainnya